Monday 22 August 2016

Google : Tidak Pernah Ada Tempat Bernama 'Palestina' Dalam Google Maps

Kabar mengenai hilangnya nama Palestina dari pemetaan Google Maps telah memicu banyak kemarahan, tidak hanya dari kalangan masyarakat penganut agama Islam namun juga dari masyarakat seluruh dunia yang mengakui keberadaan Palestina.


Sekarang masyarakat dunia ketika mencari peta Palestina di Google Maps maka hanya akan mendapati peta kosong Samaria, Yudea dan Gaza yang masuk dalam wilayah Israil.
sumber :http://www.muslimdaily.net/wp-content/uploads/2016/03/e0l79k.jpg
Tuduhan yang dilontarkan ke Google atas hilangnya Palestina di bantah. Google justru menjelaskan memang dari dulu tidak pernah ada nama Palestina dari pemetaan Google Maps.

Dalam pernyataan perusahaan mesin pencari terbesar di dunia tersebut Rabu, 10 Agustus 2016 kemarin mengakui telah terjadi kesalahan sistem yang mengakibatkan menghilangnya label "Gaza" dan "Tepi Barat".

"Tidak pernah ada tempat bernama 'Palestine' dalam Google Maps. Namun kami mendeteksi adanya kesalahan sistem yang mengakibatkan hilangnya lebel "Gaza" dan "Tepi Barat" di Google Maps, kami akan berusaha secepat mungkin untuk mengembalikanya.  demikian pernyataan Google, seperti dilansir Guardian pada 10 Agustus 2016 kemarin.

Menurut pengamatan dari Organisasi Wartawan Palestina (PJF) penghapusan peta Palestina di aplikasi Google Maps merupakan salah satu upaya Tel Aviv untuk membangun paradigma untuk gernerasai yang akan datang bahwa Palestina memang tidak ada dan Israel adalah negara yang sah.

Banyak organisasi termasuk PJF mendesak Google agar segera mengembalikan peta Palestina karena hal ini bertentangan dengan norma termasuk juga konvensi internasional.

G+

No comments:
Write comments

×