Sunday 14 August 2016

Ketahuilah Harta Adalah Madu Dan Racun

Dikutip dari berbagai pendapat para ahli hikmah mengenai harta. Harta itu ibarat ular yang mengandung obat sekaligus racun. Bagi seorang ahli menangkap dan mengeluarkan obat yang terkandung didalam badannya, sedangkan bagi orang yang dungu, bisa ular itu adalah racun yang dapat membunuhnya.

Janganlah mencintai harta karena diya hanyalah harta, tapi cintailah harta karena harta itu adalah pemberian Allah. Dengan demikian orang yang boros adalah orang yang tidak mencintai pemberian Allah.

Carilah harta di dunia sebanyak-banyaknya, namun gunakanlah juga harta tersebut untuk beramal sebanyak-banyaknya. Kepentingan akhirat jangalah sampai terlupa dan terjebak karena harta.

Sebagaimana apa yang pernah dialami Nabi Sulaiman, pada suatu ketika Beliau lalai kepada perintah-perintah Allah karena ia terlalu terepesona akan keindahan kuda-kuda yang beliau miliki.
Berikut Adalah 5 Nasehat Ahli Hikmah Akan Harta Yang Kamu Miliki

1. Bila bukan harta yang meninggalkan kita, maka kitalah yang akan meninggalkan harta, ini adalah sunatullah.

2. Harta itu harus difungsikan pada tempatnya, yaitu untuk memudahkan kita dekat dengan Allah. Dengan banyak harta akan menjaga martabat dan kehormatan, sehingga berdakawah akan jauh lebih mudah karena orang akan memandang kita.

3. Orang kaya adalah mereka yang sedikit keperluanya, dan bisa menekan kebutuihan hidupnya, dan menahan akan segala keinginanya.

4. Orang yang tercela adalah orang yang tak henti-henti mengumpulkan harta hanya untuk ahli warisnya, sehingga Ia enggan untuk menggunakanya (untuk bneramal shalah). Seperti anjing yang beburu yang menahan diri untuk memangsa, dan membiarkan bianatang buaruannya agar orang lain yang memakannya.

5. Jika harta tidak kita gunakan secara hati-hati akan menjadi tunggangan nafsu dan bisa menjadi malapetaka.

Anas Bin Malik Berkata Bahwa Rosulallah SAW. Bersabda :
"Andai kata seorang anak adam(manusia) memiliki satu lembah emas, pasti Ia ingin mempunyai dua lembah emas. Dan tidak ada yang dapat menutup mulutnya (Tidak ada yang dapat menahan kerakusanya pada dunia) kecuali tanah (Maut). dan Allah berkenan memberi taubat pada siapa aja yang bertaubat"
Islam tidak hanya membicarakan masalah akidah dan ibadah tapi islam juga membahas tentang Harta. kekdudukan harta dalam islam sangatlah penting, sehingga banyak yang di singgung di kitab suci Al-Quran.  mengingat pentingnya harta bagi kehidupan,  harta dalam padangan islam bukanlah suatu tujuan tapi merupakan sarana untuk berbuat baik

G+

No comments:
Write comments

×