Monday 15 August 2016

RENUNGAN : Kejar Akhiratmu maka Dunia Akan Mengikutimu

Siapa yang niatnya konsen untuk akhirat maka Allah akan menghimpun baginya semuanya dan dijadikan kaya hati, dan datang padanya dunia (akhirat).
Abudul-laits Assamarqandi Meriwayatkan dengan senadanya dari Zaid bin Sabit r.a berkata bahwa Rasullah bersebda seperti yang kami tulis diatas.
Dan siapa yang niatnya lebih kepada dunia maka Allah akan menceraiberaikan urusannya dan kemiskinan selalu membayang diruang matanya dan tidak akan datang kepadanya dunia kecuali apa yang ditentukan baginya. Abul laits meriwayatkan dengan senada dari Al Aswad bin Qays berkata : saya telah mendengar jundub berkata : Umar r.a masuk kepada Nabi SAW. 


ketika Rasulullah sedang tidur diatas tikar yang telah berbekas di pinggangnya maka menangis Umar r.a. melihat keadaan itu, maka sabda Nabi SAW. Apa yang menyebabkan engkau menangis Umar ? jawabnya : Saya teringat pada raja kaisar dan kisra dengan sega kemewahan dunianya sedang engkau utusan Allah sehingga berbekas di pinggangmu garis-garis tikar.

Sabda Nabi SAW. :
Merka kaum yang telah diberi kontak kesenangan mera didunia dan kami kamum yang ditunda kesenangan kami di Akhirat.
Abul-Laits meriwayatkan dengan sanadnya dari Ali r.a. berkata : Sesungguhnya yang saya kawatirkan atas kamu hanya dua :

Panjangn angan-angan dan menuruti hawa nafsu. Sebab panjang angan-angan itu melupakan akhirat dan menuruti hawa nafsu itu mengahalangi (menentang) Hak, sedang dunia sudah berjalan membelakamngi kami dan akhirat akan tiba pada kami.

Dan masing-masing ada mempunyai anak-anak, maka jadilah kamu anak-anak akhirat dan jangan menjadi anak-anak dunia, dan sebenarnya hari ini beramal dan tidak ada hisab, sdangkan kelak hisab tidak ada amal yakni perbanyaklah amal sekarang, sebab kamu tidak dapat beramal pada hari esok.

G+

No comments:
Write comments

×